Tentang Museum Macan Jakarta

Museum pertama yang didedikasikan pada seni modern dan kontemporer, Museum Macan, resmi dibuka pada tanggal 3 Nopember 2017. Peresmian dilakukan oleh Filantropis sekaligus pendiri museum yang didesain oleh MET Studio London, Haryanto Adikoesoemo.

Museum MACAN adalah institusi pertama di Indonesia yang mengijinkan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer yang signifikan dan terus berkembang dari Indonesia sampai seluruh dunia. Museum ini dibangun di lahan seluas 4.000 meter persegi. Di tempat ini wisatawan akan menemukan berbagai koleksi seni dari orang – orang ternama di dunia.

Museum mengoleksi sekitar 800 karya seni yang telah dikumpulkan kolektor seni sekaligus pengusaha Indonesia, Haryanto Adikoesoemo, sang penggagas museum MACAN sendiri. Seni kontemporer dan modern yang ditampilkan museum MACAN tidak terbatas pada lukisan, tapi juga menampilkan gaya kontemporer dengan berbagai medium, teknik dan seni instalasi.

Nama MACAN sendiri adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Lokasi Museum MACAN Jakarta

Museum Seni Rupa Modern ini berlokasi di alamat AKR. Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Rute ke Museum MACAN Jakarta

Karena lokasi yang cukup strategis, museum Macam menjadi mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Bagi pengunjung luar Jakarta misalnya dari Bekasi, naik KRL jurusan stasiun Manggarai. Dilanjutkan dengan transit dengan jurusan Kampung  Bandan, dan turun di stasiun Tanah Abang.

Transit lagi dengan KRL arah Serpong hingga tiba di stasiun Kebayoran. Kemudian jalan kaki 4 menit ke halte Pasar Kebayoran Lama, kemudian naik TransJakarta koridor 8. Turun di halte Kebon Jeruk, lalu naik angkot merah KWK B 03 menuju Museum MACAN Jakarta.

Sedangkan bagi warga Jakarta, dapat naik bus TransJakarta jurusan terminal Blok M, atau naik bus Kopaja T 57. Kemudian ganti dengan menggunakan Metromini S 70 atau S 74 menuju halte Kebayoran Lama. Kemudian ganti dengan TransJakarta koridor 8 menuju Kebon Jeruk, lanjut menggunakan angkot KWK B03 menuju Museum.

Tiket Masuk dan Jam Buka Museum MACAN Jakarta

Untuk dewasa sebesar Rp 100.000, untuk anak-anak usia 3-12 tahun sebesar Rp 80.000, untuk pelajar dan warga senior di atas 65 tahun sebesar Rp 90.000. Harga tiket bisa lebih rendah, jika pembelian dilakukan berkelompok lebih dari 10 orang.

Museum Macan dibuka pada pukul 10:00 – 19:00 WIB di hari Selasa – Minggu. Seperti umum nya museum, pada hari Senin museum ini juga tutup.

Baca Juga : Ulasan Pantai Pandawa, Tempat Wisata dari Bali

Fasilitas Museum MACAN

Museum macam ini juga memiliki program pameran dan acara aktif. Sebagai institusi seni, Museum MACAN berdedikasi untuk mendukung pendidikan interdisipliner dan pertukaran budaya. Selain itu museum ini juga menawarkan berbagai program publik dan pameran yang dinamis.

Museum ini akan menjadi wadah untuk seniman nasional dan internasional untuk mempresentasikan karya. Museum MACAN juga akan menawarkan kesempatan pengembangan profesional untuk seniman, kurator dan penggiat seni, lainnya untuk bersama-sama membangun ekologi seni Indonesia yang bergairah.

Beberapa fasilitas umum pendukung kenyamanan pengunjung yang tersedia di museum ini antara lain ruang pertolongan pertama, toilet difabel, ruang menyusui, dan ruang penitipan barang. Selain itu, Museum Macan bisa diakses dengan kursi roda.

Peraturan Di Museum MACAN Jakarta

  • Tidak boleh menyentuh karya seni.
  • Ponsel harus diatur ke mode senyap dan jangan melakukan percakapan lewat telepon saat berada di area pameran.
  • Berbicara dengan sopan dan lembut.
  • Tidak boleh mengenakan sepatu roda ketika berada di dalam galeri.
  • Ransel, payung dan tas yang ukurannya lebih besar daripada tas tangan maka harus dititipkan. Jadi suatu waktu tas atau barang lainnya akan diperiksa demi alasan keamanan.
  • Minuman dan makanan tidak boleh dibawa ke dalam galeri. Makanan ataupun minuman hanya boleh dimakan di cafe.
  • Boleh memotret namun tidak boleh menggunakan flash.
  • Boleh menggambar sketsa menggunakan pensil di area galeri, akan tetapi hanya boleh menggunakan buku berukuran maksimal 22 cm x 28 cm. Menggambar tidak boleh menggunakan krayon, arang, spidol permanen, cat minyak dan cat air.

Wisata lainnya : Kawah Ijen, Kawah Asam Terbesar dari Jawa Timur

Hal Menarik Yang Bisa Dilakukan di Museum MACAN Jakarta

  1. Materi Pameran Selalu Dirotasi

  2. Booming Karena Yayoi Kusama

  3. Berburu Harta Karun

  4. Lokasi Foto Instagramable

  5. Ngopi Di Museum

8 thoughts on “Tentang Museum Macan Jakarta”

  1. I’m excited to discover this website. I want
    to to thank you for your time for this particularly fantastic read!!
    I definitely loved every little bit of it and i also have you saved to
    fav to look at new stuff in your blog.

    Reply

Leave a Comment